Organisasi Dari Segi Tujuan
1. Jelaskan & klasifikasikan pengertian organisasi
Niaga, Sosial, Regional & Internasional!
Jawab :
- Organisasi Niaga : Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
- Organisasi Niaga : Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
contoh : Perseroan Terbatas, Perseroan
Komanditer, Trus, Kontel, Holding Company, dll
- Organisasi Sosial : Organisasi yang dibentuk
oleh anggota masyarakat.
contoh : Partai politik, Himpunan Mahasiswa,
PKK, Organisasi Buruh, dll
- Organisasi Regional : Organisasi yang luas
wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
contoh : APEC(Asia Pasific Economic
Cooperation),
EEC(Europe Economic Community),
ASEAN(Association of South East Asian Nation),
dll.
- Organisasi Internasional : Organisasi yang
anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.
contoh : PBB, NATO, OPEC, dll.
2. Perbedaan organisasi Niaga & Sosial menurut
wilayah Regional & Internasional!
Jawab :
Sesuai dengan tujuan dari Organisasi tersebut, Organisasi
Niaga dalam wilayah regional berarti organisasi yang mempunya tujuan mencari
keuntungan di wilayah regional ataupun internasional, sedangkan organisasi
sosial organisai yang mempunyai tujuan sosial dengan membantu negara-negara
yang mempunyai masalah tertentu baik itu wilayah regional maupun internasional.
3. Sebutkan hal-hal penting dalam membentuk organisasi!
Jawab :
Dalam sebuah organisasi perusahaan, haruslah mempunyai
langkah-langkah dasar yang kuat. Langkah-langkah dasar yang kuat itu dapat
disebutkan sebagai berikut:
- Nilai dan visi
- Misi
- Aturan
- Profesionalisme
- Insentif
- Sumber daya
- Rencana kerja
jika organisasi perusahaan mempunyai atau menjalankan
langkah-langkah dasar tersebut maka tujuan dari organisasi akan tercapai
sehingga memungkinkan majunya organisasi perusahaan tersebut.
Nilai adalah sesuatu yang abstrak yang diberikan seseorang
kepada kita. Visi adalah tujuan. Nilai dan visi ini dalam organisasi perusahaan
berguna untuk memacu kita mendapatkan tujuan yang kita inginkan. Apabila tidak
ada nilai dan visi maka organisasi perusahaan yang dijalankan akan rusak dan
kehilangan arah.
Misi adalah penerapan/usaha-usaha untuk mencapai tujuan itu
sendiri. Organisasi perusahaan yang tidak mempunyai misi akan bingung sebab
penerapan dalam pelaksanaan untuk mencapai tujuan itu tidak dipunyai.
Aturan adalah batasan-batasan dalam tindakan, tatakrama,
dsb. Berperan untuk menjaga kestabilan dalam organisasi perusahaan sehingga
tidak menimbulkan konflik kepentingan.
Profesionalisme adalah keahlian dalam suatu bidang.
Profesionalisme ini banyak orang kenal dengan spesialisasi kerja yaitu hanya
bekerja di bidang dimana dia ahli di bidang itu. Banyak organisasi perusahaan
tidak menerapkan langkah dasar ini. Salah satu contohnya saja seperti
programmer yang dimana dia bekerja bukan hanya sebagai programmer tetapi bisa
merangkap seperti membetulkan peralatan elektronik yang rusak, membuat
keuangan, mengurus pengeluaran, dsb. karena memang banyak orang awam yang
menganggap programmer sebagai orang yang handal dalam bidang elektronik. Ini
menyimpulkan bahwa orang-orang yang ahli tidak ditempatkan sesuai dengan keahliannya
sehingga membuat keresahan pada orang-orang tersebut.
Insentif menurut Anwar Prabu Mangkungara adalah suatu
penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan oleh pihak pemimpin organisasi
kepada karyawan agar mereka bekerja dengan motivasi yang tinggi dan berprestasi
dalam pencapaian tujuan-tujuan organisasi. Untuk itu insentif dibutuhkan agar
para karyawan dapat bekerja dengan giat sehingga organisasi dapat berjalan
dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
Sumber daya adalah sesuatu yang dimanfaatkan untuk berbagai
kepenitngan. Dalam hal ini sumber daya manusia dan juga sumber daya bahan baku
dibutuhkan untuk dapat memaksimalkan output/hasil yang diinginkan
Rencana kerja adalah langkah-langkah kerja dimana dalam
mengambil langkah-langkah tersebut sudah di pikirkan terlebih dahulu akibatnya.
Bila organisasi perusahaan salah dalam melakukan rencana kerja akan menimbulkan
salah langkah yang berakibat organisasi perusahaan jatuh.
Setiap orang yang bekerja di organisasi perusahaan sangatlah
penting. Dari presiden direktur, direktur, manajer sampai kepada karyawan
haruslah saling bekerjasama untuk mencapai tujuan. Apabila ada langkah dasar
tersebut tidak diterapkan/dilaksanakan maka perusahaan akan mengalami
kemunduran sehingga memungkinkan ketimpangan pada peran masing-masing pengerja
sehingga tujuan yang diinginkan tidak akan tercapai yang menjurus kepada
kehancuran pada organisasi perusahaan itu sendiri.
4. Jelaskan rentang kendala(Span of Control) dengan
batasan-batasan!
Jawab :
Rentang kendali (span of control) menunjukkan banyaknya
bawahan yang
diawasi oleh seorang penyelia (yaitu banyaknya yang melapor
pada sang atasan). Jumlah
ini tidak ditentukan berdasarkan teori manajemen
tradisional, tetapi secara mudahnya
adalah bahwa jumlahnya harus kecil (tiga sampai tujuh).
Riset terakhir menunjukkan
bahwa rentang kendali yang efektif tergantung pada banyaknya
komunikasi yang
diperlukan antara atasan dengan bawahannya. Akibatnya, batas
pengolahan informasi
pada manusia menjadi variabel pembatasnya.
5. Sebutkan kebaikan & keburukan bentuk bentuk
organisasi!
Jawab :
Ada 5 bentuk organisasi, yaitu :
· Organisasi
Garis
Organisasi Garis adalah bentuk organisasi dimana terdapat
garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling
bawah. Dimana setiap atasan memiliki sejumlah bawahan dan bawahan
bertanggung jawab kepada atasannya dan setiap bawahan hanya bertanggung jawab
kepada satu atasan. Bentuk organisasi ini paling banyak dipakai dan sesuai
untuk perusahaan kecil karena sederhana dan jelas.
Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Kesatuan dalam
perintah atau pimpinan.
2. Pengambilan
keputusan cepat.
3. Solidaritas
karyawan tinggi.
4. Sederhana, biaya
rendah.
Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Sangat
tergantung pada satu orang pimpinan.
2. Pimpinan
cenderung otokratis.
3. Karyawan sulit
berkembangan.
· Organisasi
Garis dan Staff
Organisasi ini adalah bentuk organisasi yang banyak dipakai
oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya
bentuk organisasi ini hampir sama dengan bentuk organisasi garis hanya saja
disini ditambahkan staff.
Staff adalah satu atau beberapa orang yang ahli dalam bidang
tertentu yang tugasnya memberi saran atau nasehat sesuai bidangnya kepada
pimpinan perusahaan bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang
terjadi. Staff tidak memiliki hak memerintah bawahan.
Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Sesuai untuk
perusahaan besar.
2. Keputusan lebih
rasional dengan adanya staff.
3. Dapat mewujudkan
“ The Right Man in the Right Place.”
Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Organisasi rumit
dan kompleks.
2. Koordinasi sulit
diterapkan.
3. Jumlah karyawan
banyak sehingga solidaritas antar karyawan kurang dan tidak saling kenal.
· Organisasi
Fungsional
Organisasi ini adalah bentuk organisasi yang terbagi ke
berbagai bidang sesuai dengan fungsinya, seperti misalnya: Pemasaran, Produksi,
Personalia dan Keuangan. Wewenang dan tanggung jawab melekat
terhadap proses atau fungsi masing – masing sehingga setiap anggota fungsi
hanya mengerjakan fungsi, wewenang dan tanggung jawabnya saja sesuai yamg telah
digariskan.
Para manajer fungsi bertanggung jawab mengawasi bawahannya
sesuai dengan fungsinya, namun dapat juga memerintah ke bagian lain sepanjang
masih memiliki kewenangan.
Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Pembagian tugas
jelas.
2. Spesialisasi
karyawan dapat dikembangkan dan dimaksimalkan.
3. Masing – masing
fungsi dipegang oleh para ahli.
Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Karyawan dapat
menerima perintah dari beberapa atasan.
2. Tidak ada
kesatuan perintah.
3. Makin merasa
bahwa dirinya seorang ahli akan sulit untuk untuk bekerja sama.
· Organisasi
Matrix
Organisasi ini adalah bentuk organisasi dimana perusahaan
biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan –
pekerjaan tertentu. Batas toleransi pekerjaan yang singkat dalam perusahaan
besar maka bentuk matrix inilah yang paling cocok digunakan.
Alasan lain dari penggunaan bentuk ini adalah untuk
menghindari benturan antara pekerjaan dasar dengan pekerjaan – pekerjaan
tertentu sehingga kedua pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik. Didalam
bentuk matrix terjadi hubungan anatar berbagai fungsi, misal Perusahaan sepatu
yang aktivitas dasarnya adalah memproduksi sepatu menerima pesanan yang harus
selesai dalam waktu tertentu dengan jumlah tertentu. Agar kedua pekerjaan
tersebut dapat selesai dengan baik maka bentuk matrix ini yang akan digunakan.
Adapun kebaikan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Adanya aktivitas
lain yang dikerjakan tanpa menggangu aktivitas dasar.
2. Mendorong
inovasi dan kreativitas karyawan.
3. Mendorong
munculnya cara – cara baru, bentuk penyelesaian baru, dan semangat kerja
positif.
Adapun keburukan dari bentuk organisasi ini, yaitu :
1. Munculnya
konflik antara fungsi dan karyawan.
2. Hanya organisasi
tertentu yang dapat memakai bentuk ini.
3. Dapat mengganggu
aktivitas dasar.
4. Biaya mahal.
5. Terdapat lebih
dari satu atasan.
· Organisasi
Komite
Organisasi ini adalah bentuk organisasi dimana komite adalah
kelompok formal yang menggantikan para manajer di dalam struktur organisasi.
Anggota komite berasal dari berbagai tingkatan manajemen. Anggota komite
memiliki wewenang dan tanggung jawab sehingga semua keputusan organisasi
dipelajari dan dievaluasi oleh anggota komite. Bentuk ini sangat sesuai untuk
organisasi yang sangat perlu sikap hati – hati dari berbagai sudut pandang,
misalnya BATAN, Organisasi Antariksa.
Adapun kebaikan dari bentuk ini, yaitu :
1. Keputusan yang
diambil lebih baik karena melalui rapat yang mendalam.
2. Keputusan yang
diambil merupakan keputusan bersama ( obyektif ).
3. Hati – hati dan
seksama.
4. Terdiri dari
para ahli.
Adapun keburukan dari bentuk ini, yaitu :
1. Keputusan yang
diambil lama.
2. Kadang pendapat
akhir berasal dari anggota komite yang dominan.
3. Keputusan kadang
kurang efektif karena kompromi.
sumber :
http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads//2008/08/sim.pdf http://ftp.gunadarma.ac.id/handouts/S1_Sistem%20Informasi/OUTLINE%20TOU%201%20terbaru%2010%20desember.ppt
0 komentar:
Posting Komentar