Outline Penelitian

­­­Pembuatan Program Layar Sentuh Untuk Penyelenggaraan Pemilu 2014 Mendatang

BAB I. PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Perkembangan teknologi yang melesat cepat membuat kita tiada hentinya untuk terus belajar, karena dengan begitu kita tidak akan ketinggalan zaman dan dianggap kuno oleh sanak saudara dan teman teman kita. Perkembangan teknologi kini sangatlah berpengaruh di segala bidang, tidak hanya di bidang teknologi informasi saja, khususnya dalam bidang politik.
Pemilihan Umum (Pemilu) adalah proses pemilihan orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan tersebut beraneka-ragam, mulai dari presiden, wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa. Pada konteks yang lebih luas, Pemilu dapat juga berarti proses mengisi jabatan-jabatan seperti ketua OSIS atau ketua kelas, walaupun untuk ini kata 'pemilihan' lebih sering digunakan.
Pemilu tahun lalu , Indonesia masi memakai sistem pemungutan suara melalu pencoblosan foto para kandidat wakil rakyat, lalu setelah selesai baru di bacakan hasilnya disebut satu persatu sesuai pilihan masyarakat, sistem seperti ini masih banyak kekuranganya oleh karena itu pembuatan program layar sentuh ini penulis dapat menggantikannya dan dapat menutupi kekurangan dari sistem sebelumnya.
Karena itu penulis tertarik dalam pembuatan program ini, Pembuatan program ini penulis menggunakan program netbeans serta java.

1.2.Pertanyaan Penelitian

1.      Mengapa menggunakan Netbeans?
2.      Bagaimana sistem pemilihan kandidat?
3.      Bagaimana cara pembuatannya?
4.      Mengapa Java?


1.3.Tujuan Penelitian
Mempermudah dan menutupi kekurangan sistem Pemilu tahun lalu, dan juga mempercepat penghitungan hasil vote dari masyarakat.

1.4.Manfaat Penelitian

-          Efisiensi Waktu
Dengan hanya melakakuan klik dengan jari, mempercepat waktu dan hasilnya langsung ditampilkan di chart database yang telah di tampilkan di layar.

BAB II. ISI

NetBeans merupakan sebuah proyek open source  yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah). Sun Microsystems mendirikan proyek open source NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.
Saat ini terdapat dua produk yaitu NetBeans IDE dan NetBeans Platform.  The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
Tersedia juga NetBeans Platform,  sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri.

Fitur-fitur pada netbeans :
·         Smart code completion : mengusulkan nama variable dari suatu tipe, melengkapi keyword, dan mengusulkan tipe parameter dari method
·         Menggunakan code generator : dengan menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method, dll.
·         Error stripe : fitur yang menandai baris yang error dengan menghiglight merah.
·         Bookmarking : fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi
·         go to commands : fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variable, source code atau file yang ada pada project yang sama.

Database yang didukung Netbeans
·         JDBC merupakan spesifikasi standar dari javasoft API yang memungkinkan program java untuk mengakses sistem database manajemen.
·         JDBC API terdiri dari satu set interface dan kelas yang ditulis dengan bahasa pemrogramman java.
·         ojdbc (oracle java database conectivity) adalah driver yang menghubungkan program java dan oracle
·         mysql-connector-java adalah driver yang menghubungkan program java dan oracle
·         JDBC-ODBC
·         mySQL-server
Netbeans sebagai IDE ditujukan untuk memudahkan pemrograman Java. Pada bulan Februari 2006 para instruktur Java dari Sun Microsystem mengikuti training untuk beralih dari pemrograman Java manual (memakai editor teks dan command prompt) ke pemrograman GUI dengan Netbeans.
Netbeans berbasis visual dan event-driven. Sama seperti IDE lainnya, misal Borland Delphi dan Microsoft Visual Studio. Netbeans mencakup compiler, builder dan debugger internal. Hal ini memudahkan proses pasca perancangan program. Proses deployment atau tes dapat dilakukan dengan Netbeans J2SE, J2EE, J2ME di Netbeans. Netbeans seperti juga konsep Java sangat fleksibel. Sepanjang library Java tersedia, maka kita dapat melakukan pemrograman untuk jenis aplikasi apapun. Kita dapat membuat aplikasi dekstop (J2SE). Pemrograman web dan enterprise (J2EE) dapat dilakukan secara visual :
·         Koneksi server database melalui JDBC dapat dilakukan dari Netbeans, baik pada saat perancangan maupun deployment program.
·         Pembuatan komponen beans.
·         Pembuatan Java Server Pages (JSP), web module (servicelocator dan servlet), web services dengan menggunakan wizard yang telah disediakan.

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.
Mengapa java? Bukan bahasa pemrograman berbasis objek yang lain? Java memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Berdasarkan white paper resmi dari Sun Microsystems, Java memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan Sintaks mirip C++, namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automati memory allocation dan memory garbage collection.
2. Berorientasi objek (Object Oriented)
Java menggunakan pemrogrman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodulasi dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
3. Dapat didistribusi dengan mudah.
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.
4. Interpreter
Program Java dijalankan menggunakan interpreter, yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
5.Robust
Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi eror secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi eror pada pemrograman.
6. Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidaks digunakan untuk merusak system computer yang menjalankan aplikasi tersebut.
7. Architecture Neutral.
Program Java merupakan platform Independent. Program cukup memunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.
8.Portable
Source Code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
9. Performance
Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft, ataupun Symatec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).
10. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
11. Dinamis
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.





Sumber 1


0 komentar:

Posting Komentar